Buku Siswa yang digunakan sebagai sarana utama dalam proses belajar di Kelas 6 SD/MI Tema 6 ini merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (k13) revisi 2018
Didalam buku tematik Pembelajaran 4 Subtema 1 Menuju Masyarakat Sejaterah terdapat soal latihan yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri.Dengan adanya soal-soal latihan kami mencoba membantu untuk menemukan jawaban yang tepat Berikut kami bagikan Alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 21, 25, 26
Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Menuju Masyarakat Sejaterah Pembelajaran 4
Siti dan teman-teman sedang berkegiatan di sekolah. Mereka menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Apa kegiatan yang sedang mereka lakukan?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 21
Ayo Mengamati
Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman?
Jawaban :
Gambar menunjukkan Siti dan teman-teman sedang menanam pohon,Kegiatan tersebut merupakan kegitan peduli terhadap lingkungan.
Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah?
Jawaban :
Dengan membuang sampah di tempat sampah, tidak mencoret-coret dinding sekolah, dan ikut menjaga kebersihan sekolah.
Setiap manusia hendaknya peduli dengan lingkungan. Peduli lingkungan dapat dilakukan di mana saja. Baik di lingkungan rumah, lingkungan sekitar rumah, maupun di lingkungan sekolah. Ingatkah kamu tentang lagu Aku Cinta Lingkungan? Lagu Aku Cinta Lingkungan menceritakan kepedulian terhadap lingkungan rumah. Apakah kamu sudah bisa menyanyikan lagiu tersebut sesuai intervalnya? Perhatikan penggalan lagu Aku Cinta Lingkungan berikut.
Ayo Mengamati
Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan sebagai do atau C adalah do. Interval lagu berkaitan dengan tangga nada.
Tahukah kamu jarak nada pada C mayor? Bacalah bacaan berikut. Mari kita ingat kembali tangga nada mayor berikut.
Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1
3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua.
Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo.
Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal,nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.
Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’
- c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
- c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.
- c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
- c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
- c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
- c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
- c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
- c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.
Ayo Membaca
Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun.
Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan?
Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.
Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.
- Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
- Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
- Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
- Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.
Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.
Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini.Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain itu, dampak dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air bersih sulit ditemukan.
Oleh karena itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan.Para remaja dapat mengajak masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup.Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 25
Ayo Berlatih
Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini.
Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
Jawaban :
No
|
Kata Kunci
|
Perkiraan Informasi yang Terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci
|
1
|
Kepedulian remaja
|
Bacaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja.
|
2
|
Bentuk Kepedulian lingkungan
|
Bacaan berisi tentang kegiatan untuk menjaga lingkungan.
|
Masa remaja adalah masa memasuki pubertas. Berapa usiamu saat ini? Apakah usiamu sudah masuk masa remaja? Apakah kamu sudah mengalami pubertas?
Masa pubertas terjadi pada anak laki-laki dan juga anak perempuan. Ingatkah kamu ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 26
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?
Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak lakilaki.Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban :
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
1.Badan bertambah tinggi.
2.Jakun mulai tumbuh.
3.Bahu bertambah lebar dan bidang.
Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan
Jawaban
No
|
Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan
|
1
|
Rambut-rambut halus mulai tumbuh di beberapa bagian tubuh.
|
2
|
Tumbuh Jerawat
|
3
|
Payudarah Membesar
|
4
|
Menstruasi
|
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26 ini,Semoga Kunci jawaban Buku tematik terpadu Kelas 6 SD/MI Tema 6 ini dapat memberikan manfaat bagi parah pembaca dimanapun berada.
1 comment:
Makasih ya admin
Siapa nama asli mu uuuuu
Post a Comment