Kunci Jawaban BukuTematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Pemindahanya Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175 – Buku siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 4 Permasalahan Sosial di Sekitar Kita Kurikulum 2013 ( k13)
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Pembelajaran 4
Perhatikan gambar-gambar di atas. Bagaimana pendapatmu jika kamu berada di tempat dalam suasana seperti pada gambar tersebut?
Tahukah kamu bagaimana usaha yang dilakukan masyarakat agar keadaan seperti pada gambar tersebut terwujud?
Salah satu usaha yang dilakukan, adalah memastikan bahwa menjaga kebersihan lingkungan menjadi kewajiban dan tanggung jawab warganya.
Salah satu kota yang sangat peduli terhadapkenyamanan warganya adalah Kota Bandung. Hal ini terjadi, selain karena pemerintah yang peduli, juga keterlibatan masyarakat yang juga membuat hal itu bisa terjadi. Secara bergiliran warga masyarakat memelihara kebersihan lingkungan masing-masing sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore.
Giliran ini dilakukan oleh warga masyarakat secara suka rela, selain bantuan dari pemerintah daerah yang turut memberikan fasilitas. Bagaimana dengan daerah tempat tinggalmu? Apa akibatnya bila tanggung jawab untuk menjaga lingkungan tersebut tidak dilaksanakan?
Ayo Membaca
Permasalahan Sosial di Sekitar Kita
Setiap warga negara, mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai perannya di dalam masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawabnya adalah melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila, menjamin terjadinya masyarakat yang saling menghargai demi kepentingan bersama.
Apa saja akibat yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? Salah satu akibatnya adalah terjadinya masalah sosial. Berikut ini adalah jenis-jenis permasalahan social yang terjadi di lingkungan masyarakat.
a. Sampah
Salah satu kebiasaan tak terpuji adalah membuang sampah sembarangan. Misalnya, siswa membuang bungkus permen dan makanan di ruang kelas, di halaman sekolah atau di selokan dekat sekolah.Warga masyarakat membuang sampah dapur di parit, di saluran air atau di sungai. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor, banyak berserakan sampai ke jalan raya, karena tak tertampung di bak sampah.
Hal ini terjadi, karena banyak orang tidak bertanggung jawab menjaga lingkungan mereka dengan membuang sampah sembarangan.Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah karena tidak sedap dipandang dan mengganggu kegiatan belajar mengajar. Hal ini mengurangi kenyamanan para siswa yang belajar di sekolah.
Sampah yang berserakan di jalan raya, mengakibatkan jalan tampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus lalu lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. Hal ini memengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tersebut.
b. Kali atau Sungai yang Kotor
Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri,juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dulu. Sementara itu, ada juga orang-orang yang mendirikan banguna di bantaran kali.
Semua ini membuat kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Akibatnya, pada musim penghujan air kali meluap. Menggenangi daerah sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk. Menurunnya kualitas lingkungan sekitar dan banjir yan diakibatkannya membuat masyarakat merasa tidak nyaman.
c. Bangunan Liar
Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan yang menimbukan ketidaknyamanan masyaraka pada umumnya.d. Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada saat jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja. Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melakukan kewajibannya untuk menaati aturan lalu lintas. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 169 dan 170
Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini.
1. Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
Jawaban :
Paragraf 1 :
Tanggung jawab warga negara sesuai perannya
Paragraf 2 :
Akibat warga negara tidak melaksanakan tanggung jawabnya
Paragraf 3 :
Kebiasaan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan
Paragraf 4 :
Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah
Paragraf 5 :
Bangunan liar didirikan di fasilitas umum
Paragraf 6
Kemacetan pada jam sibuk warga
Tanggung jawab warga negara sesuai perannya
Paragraf 2 :
Akibat warga negara tidak melaksanakan tanggung jawabnya
Paragraf 3 :
Kebiasaan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan
Paragraf 4 :
Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah
Paragraf 5 :
Bangunan liar didirikan di fasilitas umum
Paragraf 6
Kemacetan pada jam sibuk warga
- Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
- Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kamu siapkan.
- Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.
- Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
- Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.
- Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
- Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesua paragrafnya.
- Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
- Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.
Ayo Berdiskusi
Dalam kegiatan ini, kamu diminta untuk membuat dua pertanyaan berdasarkan bacaan. Tuliskanlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil. Tuliskan nama,pertanyaan yang jelas dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
Gulunglah kertas pertanyaanmu lalu masukkan ke dalam sebuah wadah. Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalamwadah. Secara bersamaan bukalah lembar pertanyaan yang kamu dapatkan.
Lalu, tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 171
Ayo Mengamati
Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar
Ayo perhatikan sekelilingmu. Bersama dengan teman kelompokmu yang tinggal di daerah yang berdekatan, lakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat di sekitarmu. Carilah informasi dari Ketua RT,atau orang tuamu tentang permasalahan sosial apa saja yang terjadi di sekitarmu.
Identifikasikan penyebab masalah sosial tersebut dihubungkan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban anggota masyarakat. Sebutkan juga, usaha apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Tuliskan informasi dan hasil identifikasi yang kamu lakukan di tabel berikut ini.
Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal
Jawaban :
Masalah sosial
|
Penyebab
|
Akibat
|
Usaha untuk mengatasi
|
Kemacetan lalu lintas
|
Penumpukan kendaraan pada jam sibuk dan tidak patuhnya pengguna jalan menaati peraturan lalu lintas
|
Tidak nyamannya pengguna jalan dan masyarakat
|
Membuat peraturan lalu lintas yang lebih baik, sosialisasi tertib berkendara, menambah jumlah jalan
|
Sampah
|
Kebiasaan buang limbah tidak pada tempatnya
|
Kenyamanan dan kesehatan terganggu
|
Program daur ulang limbah, sosialisasi hidup sehat dan berdisiplin
|
Sungai kotor
|
Kebiasaan membuang sampah atau limbah ke sungai
|
Sungai jadi sarang penyakit, banjir saat musim hujan
|
Sosialisasi tentang Prokasih (Program Kali Bersih), Menjauhkan pemukiman dari DAS (Daerah Aliran Sungai), Sosialisasi tentang pentingnya sungai dan program kesehatan warga
|
Bangunan liar
|
Kemiskinan, pembuatan bangunan di fasilitas umum
|
Tidak nyaman dan tidak aman para pengguna fasilitas umum
|
Mengentaskan kemiskinan, program rumah susun bagi warga miskin
|
Tulislah keimpulanmu di sini :
Jawaban :
Adanya masalah sosial di sekitar kita mengakibatkan permasalahan bagi semua. Masalah sosial terjadi akibat adanya hak dan kewajiban yang tidak seimbang dan tidak dijalankan oleh warga dengan baik. Semua permasalah sosial tersebut bisa diselesaikan bila hak dan kewajiban semua warga dapat dilakukan secara beriringan
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 172
Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu? Adakah permasalahan yang dengan mudah kamu jumpai di sekolah?
Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.
Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah
Jawaban :
Masalah sosial
|
Penyebab
|
Akibat
|
Usaha untuk mengatasi
|
Mengejek siswa
|
Adanya seseorang atau sekelompok siswa yang merasa lebih kuat dan hebat dari siswa yang lain
|
Ketidaknyamanan siswa lain terutama korban bully sehingga menderita secara fisik, verbal atau emosional
Atau psikologis
|
Meningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah, Mempererat persatuan, persaudaraan, dan persamaan kedudukan di mata siswa
|
Perkelahian siswa
|
Tidak adanya rasa persaudaraan dan saling mengasihi
|
Timbul perpecahan di kalangan siswa, tidak nyamannya suasana belajar
|
Lebih membiasakan siswa untuk lebih mengenal satu dengan yang lain. Menyalurkan energi untuk kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
|
Kekerasan fisik guru
|
Kurangnya pengertian dan pemahaman guru
Akibat
|
Suasana pembelajaran tidak nyaman, siswa jadi takut ke sekolah
|
Pelatihan guru, sosialisasi tujuan pendidikan di sekolah
|
Bolos sekolah ata Telat masuk
|
Tidak disiplin terhadap waktu
|
Kegiatan pembelajaran terganggu, Tertinggal dengan pelajaran
|
Memberikan sosialisasi/bimbingan tentang disiplin dan pentingnya bersekolah
|
Buatlah kesimpulanmu di sini :
Jawaban :
Adanya masalah sosial di lingkungan sekolah dapat menyebabkan tidak kondusifnya atau tidak nyamannya suasana pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak untuk menghilangkan atau mengurangi masalah sosial tersebut, baik dari pihak siswa sendiri, pihak sekolah/guru, pihak wali murid, pihak komite dan masyarakat. Lebih menekankan tentang pentingnya hak, kewajiban dan tanggung jawab secara bersama-sama
Ayo Membaca
Usaha Bolu Meranti Medan
Ada yang bilang, kalau pulang dari Medan tanpa membawa Bolu Meranti, berarti ia tidak benar-benar pergi ke Medan. Ya, siapa yang tidak tahu Bolu Meranti?Tetapi ternyata, bolu ini menjadi oleh-oleh khas Medan mulai tahun 2000-an. Sebelum itu, orang tidak tahu apa-apa tentang oleh-oleh tersebut.
Bolu Meranti adalah makanan berupa bolu gulung berbahan dasar telur dan tepung yang diisi berbagai macam isian. Untuk membuat bolu ini, diperlukan oven untuk memanggang adonan yang telah dibuat sebelumnya. Saat ini ada berbagai isian untuk bolu ini.
Ada isian keju,cokelat, moka, stroberi, dan kacang.Nama Meranti berasal dari nama jalan di mana bolu ini pertama kali dijual untuk umum. Bolu ini memiliki rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.
Siapakah orang di belakang bolu terkenal ini?
Seorang ibu bernama Ai Ling suatu hari menitipkan bolu buatannya di toko milik salah satu kerabatnya yang berlokasi di Jalan Meranti. Ai Ling yang sedari muda dikenal suka memasak dan membuat kue ini, lama-kelamaan kewalahan dengan pesanan bolu yang dibuatnya.
Hingga suatu saat ia membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Namun, ia tetap menggunakan nama Meranti sebagai nama bolunya untuk menjaga agar pelanggannya ingat akan bolu buatannya.
Ai Ling tidak menyangka usahanya ini dapat membuat Kota Medan semakin terkenal. Banyak orang telah mendapatkan manfaat dari usahanya membuat bolu. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 175
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini
.
1. Bagaimana Kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
Jawaban :
Bolu tersebut memiliki rasa yang sangat khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet
2. Apa saja usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat Bolu ini terkenal?
Jawaban :
Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara (Bandara) Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial buday masyarakatnya?
Jawaban :
Usaha Bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan
4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya?
Jawaban :
Bolu Meranti menjadi ciri khas kota Medan
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?
Jawaban :
Iya,Punya tetepi setiap siswa bisa menyesesuaikan dengan daerahnya masing - masing
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3 pembelajaran 4 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dimanapun berada.
3 comments:
Mkshππ
Makasih πππ
Makasih ya πΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπΈπππππππππππππππΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπΉπ·π·π·π·π·π·π·π·π·π·π·π·π·π·π·πππππππππππππππππππππππππππππππππ
Post a Comment