Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 138, 139, 141, 142

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 kurikuum 2013

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Pemindahanya Halaman 138, 139, 141, 142 – Buku siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 1 Bahan Konduktor dan Isolator Kurikulum 2013 ( k13)

Kelas 5 Tema 6 Pembelajaran 1


Di suatu sore, Ibu sedang menyiapkan makan malam di dapur, dan Lani baru saja menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Lani menghampiri ibunya di dapur untuk memberikan bantuan.

Lani : “Wah… Aroma masakannya wangi sekali, Bu! Ibu sedang memasak apa?”

Ibu : “Nanti kamu juga tahu. Ini masakan baru Ibu.Kemarin Ibu menonton acara memasak di televisi. Ibu sedang mencoba salah satu resep yang diajarkan di acara tersebut.Kamu pasti suka!”

Lani : “Wah, aku jadi penasaran!Hebat juga Ibu bisa belajar memasak dari televisi!Berarti aku juga bisa, ya!”

Ibu : “Televisi itu merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak ditonton masyarakat kita, kan? Ada banyak informasi yang bias diperoleh dari televisi, termasuk informasi tentang memasak ini. Selain televisi, sekarang ada internet yang menyediakan berbagai informasi melalui situs-situsnya. Yuk, bantu Ibu memasak. Tolong ambilkan spatula kayu itu untuk mengaduk sayuran yang sudah Ibu masukkan ke dalam masakan Ibu tadi, ya Lani.”

Lani : “Baik, Bu. Ngomong-ngomong, mengapa tidak memakai sendok sayur yang biasa kita pakai untuk mengambil sayur dari panci untuk mengaduk, Bu?”

Ibu : “Tahukah kamu sendok sayur yang biasa kita pakai itu terbuat dari bahan apa? Coba bandingkan dengan spatula kayu itu. Apakah keduanya terbuat dari bahan yang sama?”

Lani : “Sendok sayur itu terbuat dari logam dan spatula itu dari kayu. Lalu?”
Ibu : “Manakah yang menurut Lani akan mudah panas bila bersentuhan dengan kuah sayur yang mendidih di dalam panci itu? Sendok sayur dari logam itu atau spatula kayu?”

Lani : “Ah, saya tahu, Bu! Tentu saja sendok sayur logam akan lebih mudah panas! Saya tahu mengapa! Saat sendok logam ini mengenai kuah panas, panas dari kuah itu akan dialirkan melalui sendok logam itu, sehingga ia ikut panas. Itu konduksi, kan!”

Ibu : “Ah, kamu mengamati dengan baik, Lani! Jadi, mana yang akan kamu pakai untuk mengaduk sayur itu? Spatula kayu atau sendok sayur logam?”

Lani : “Ah, Ibu! Tentu saja spatula kayu akan saya pakai agar tanganku tidak kepanasan! Terima kasih sudah mengingatkanku, Ibu!”

Ibu : “Sama-sama, Nak.”

Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan za perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain.

Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.

Ayo Membaca

Lani memilih benda yang terbuat dari bahan kayu untuk mengaduk kuah panas,karena ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita, terdapat banyak bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik.

Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama! 

Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari buku elektronik, yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat isinya, diperlukan jaringan internet dan alat elektronik seperti telepon genggam atau komputer pribadi.Oleh karenanya, buku elektronik menjadi salah satu media elektronik yang juga sering digunakan oleh masyarakat moderen.

Bahan Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.

Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas.

Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 bahan konduktor
Bentuk Gamabar Konduktor


Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,biasanya terbuat dari bahan logam.Panci,wajan penggorengan,dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam.Jenis logam yang Paling sering digunakan un tuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium,dan tembaga.

Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu,kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 bahan isolator
Bentuk Bahan Isolator

Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini!

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 pembelajaran 1 subtema 3

Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor,ada yang berfungsi sebagai isolator.

Pada Gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci.

Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 138


Ayo Menulis 

Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring.

Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus.Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.

Jawaban :


Kata

Arti

Kalimat
Bahan
Barang yang akan dibuat menjadi satu
-Aluminium merupakan BAHAN pembuatan panci

-Rel Kereta api biasanya terbuat dari bahan logam

Mengantar
Membawa atau Mengirimkan
-Isolator sulit untuk menghantar panas

-Logam besi dapat menghantar panas

Konduktor
Benda atau bahan pengantar panas, arus listrik, atau suara
-Besi, tembaga, baja adalah contoh bahan yang bersifat konduktor

-Sebagian besar bahan logam adalah konduktor yang baik bagi penghantar panas

Isolator
Pengisolasi atau Penyekat atau Pembatas
-Isolator mempunyai sifat berlawanan dengan Konduktor

-Kayu, plastik adalah beberapa contoh benda yang bersifat Isolator

Semikonduktor
Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolator
-Bahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika

-Bahan semikonduktor yang biasa digunakan pada komponen elektronika adalah Silikon (Si) dan Germanium (Ge)

Alat
Benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu
-Isolator melindungi pemakai alat agar tidak terkena panas

-Alat dapur merupakan alat-alat yang menggunakan prinsip konduktor dan isolator


Kunci Jawaban Tematik Halaman 139


Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraf bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.

Jawaban :

Paragraf
Kalimat
Pertama
  • Di sekitar kita terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan
  • Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.
  • Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor
  • Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator
  • Bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas disebut bahan semikonduktor
Kedua
  • Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam
  • Jenis logam yang paling sering digunakan antara lain besi, aluminium, dan tembaga
Ketiga
  • Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator
  • Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik
Keempat
  • Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat
  • Ada bahan yang berfungsi konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator
  • Penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas.

Perlihatkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sebangkumu. Lihatlah persamaan dan perbedaannya. Kamu juga dapat mendiskusikan alasanmu memilih kalimat penting di setiap paragraf. Apakah kalimat yang kamu buat mewakili pokok pikiran pada paragraf tersebut?

Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan.Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya.

Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.

Jawaban :

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 145

Ceritakanlah diagram yang kamu buat di atas dalam sebuah kelompok yang terdiri atas paling banyak empat orang. Jelaskan pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan suara, intonasi, dan lafal yang jelas. Mintalah tanggapan dari temanmu dan lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 141 dan 142


Ayo Mengamati

Berdasarkan bacaan di atas, kamu tahu bahwa banyak benda di sekitar kita yang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang berbeda. Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan menghantar sebuah benda?

Berikut ini adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menyelidiki kemampuan menghantarkan panas pada bahan yang berbeda-beda.Lakukanlah kegiatan ini di dalam kelompok. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, lalu ikutilah langkah kegiatannya. Amati dan catat setiap perubahan yang terjadi.

Alat dan bahan:

1. Batang besi yang panjangnya lebih kurang 50 cm.

2. Batang tembaga panjang lebih kurang 50 cm.

3. Sumpit bambu yang ujungnya diikat dengan karet gelang.

4. Sumpit dari bahan plastik, ujungnya diikat dengan karet gelang.

5. Bahan kain untuk memegang benda panas

6. Lilin.

7. Korek api.

Langkah-langkah kegiatan:

1. Bakarlah besi di atas lilin yang telah dinyalakan dengan korek api. Peganglah ujung besi dengan tanganmu. Bila kamu telah merasakan panas, segera pindahkan besi dari nyala api.

2. Peganglah batang besi dengan menggunakan sumpit bambu.

3. Letakkan kembali ujung besi di atas nyala lilin.Apakah yang kamu rasakan?Catatlah. Mengapa demikian?

4. Ambil dan letakkan batang tembaga di atas nyala lilin.Bila terasa panas, pindahkan dari nyala api.

5. Lapisilah tembaga dengan kayu pada bagian ujung yang kamu pegang.

6. Letakkan kembali batang tembaga di atas nyala lilin.Apakah yang kamu rasakan? Mengapa demikian?

7.Lakukanlah kegiatan yang sama. Kali ini ganti sumpit bambu dengan sumpit berbahan plastik. Catat apa yang kamu lihat dan rasakan.

8. Ganti sumpit berbahan plastik dengan bahan kain yang biasa digunakan untuk memegang benda panas di dapur, untuk memegang besi dan tembaga yang telah dipanaskan di atas api lilin. Catat apa yang kamu lihat dan rasakan.

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan di atas.

1. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit yang terbuat dari bambu?

Jawaban :

Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang mengalir melalui besi dan tembaga

2. Mengapa demikian?

Jawaban :

Karena sumpit bambu merupakan isolator sehingga tidak dapat menghantarkan panas


3. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit dari bahan plastik

 Jawaban :

Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga

4. Mengapa demikian?

 Jawaban :

Karena sumpit berbahan plastik, sedangkan plastik merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas

5. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan bahan kain?

 Jawaban :

Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga

6. Mengapa demikian?

 Jawaban :

Karena kain handuk yang merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas


7. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai konduktor?

 Jawaban :

Besi dan tembaga

8. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai isolator?

Jawaban :

Kayu, plastik, dan kain handuk


9. Sebutkanlah paling sedikit 3 bahan lain yang berfungsi sebagai isolator!

Jawaban :

Kertas, Karet, Styrofoam

10. Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan percobaan di atas.

Jawaban :

Kemampuan benda berbeda-beda dalam penghantaran perpindahan kalor. Ada beberapa benda yang dapat bersifat mempercepat perpindahan kalor dan ada beberapa benda bersifat menghambat perpindahan kalor

Kesimpulanku :

Jawaban :

Kemampuan benda berbeda dalam penghantaran perpindahan kalor. Benda yag dapat mempercepat perpindahan kalor disebut dengan Konduktor, sedangkan benda yang menghambat perpindahan kalor disebut dengan Isolator. Sifat benda yang berbeda ini dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dimanapun berada

1 comment:

Unknown said...

Pengaruh kalor terhadap kehidupan

Post a Comment