Buku Siswa yang digunakan sebagai sarana utama dalam proses belajar di Kelas 6 SD/MI Tema 6 ini merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (k13) revisi 2018
Didalam buku tematik Pembelajaran 2 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat soal latihan yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri.Dengan adanya soal-soal latihan kami mencoba membantu untuk menemukan jawaban yang tepat Berikut kami bagikan Alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 53, 55, 56
Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 2
Ayo Membaca
Ragam Tarian di Indonesia
Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.
Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer.Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.
Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan,dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari.Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 tema 6 Halaman 53
Ayo Berdiskusi
Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di atas bersama teman sekelas.
Selanjutnya, diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.
Secara bergantian, jelaskan di depan teman-temanmu gagasan utama di setiap paragraf bacaan di atas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi bersama teman satu kelas dalam tabel berikut.
Jawaban :
Paragraf | Gagasan Utama Setiap Paragraf |
1 | Pengertian tari kreasi |
2 | Jenis tari Kreasi |
3 | Bentuk karya tari kreasi |
Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari kreasi daerah/tradisional berbentuk tari tunggal. Tari yang akan disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak.
Tari Merak merupakan salah satu contoh jenis tari kreasi. Tari Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.
Masih banyak contoh tari tunggal lainnya. Perhatikan gambar tari Merak berikut.
Selain tari Merak, banyak karya tari lain yang berbentuk tari tunggal. Apakah di daerah tempat tinggalmu ada bentuk tari tunggal? Apa nama karya tarinya?
Berikut beberapa karya tari berbentuk tari tunggal dari berbagai daerah di Indonesia.
Tarian daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak dan wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti melestarikan budaya nasional.
Kunci Jwaban Tematik Kelas 6 tema 6 Halaman 55, 56
Ayo Berdiskusi
1. Dayu telah mengikuti perlombaan menari. Ternyata perlombaan tari dibedakan atas dua kategori yaitu kategori anak-anak dan remaja. Duakategori ini didasarkan atas batasan usia. Untuk kategori anak-anak batas usia 6 tahun sampai 10 tahun, sedangkan kategori remaja batas usia 11 tahun sampai 21 tahun. Masuk kategori yang manakah Dayu? Mengapa demikian? Diskusikan bersama teman satu kelompok belajarmu. Tuliskan pada buku tugas dan presentasikan di depan kelas.
Jawaban :
Dayu Termasuk Kategori anak remaja usia dayu lebih dari 10 tahun
2. Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?
Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.
Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
Jawaban :
No | Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak Bagi Anak Laki-Laki. | Ciri-Ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-Laki. |
1 | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin. | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2 | Suara belum membesar | Suara jadi besar |
3 | Belum tumbuh jankun | Tumbuh jankun |
4 | Belum tumbuh kumis,jambang,dan janggut | Tumbuh kumis, jambang, dan janggut |
No | Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak Bagi Anak perempuan | Ciri-Ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan |
1 | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin. | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2 | Suara belum melengking | Suara jadi melengking |
3 | Payudara belum membesar | Payudara membesar |
4 | Panggul belum membesar | Panggul membesar |
Ayo Menulis
Kamu telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas.Sekarang kenali dirimu berdasarkan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas pada tabel di atas. Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa yang sedang kamu alami saat ini, masih masa kanak-kanak atau sudah masa pubertas.
Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 tema 6 Membangun Masyarakat Sejahtera Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini,Semoga Kunci jawaban Buku tematik terpadu Kelas 6 SD/MI Tema 6 ini dapat memberikan manfaat bagi parah pembaca dimanapun berada.
No comments:
Post a Comment